Asesmen Topik 1 Ruang Kolaborasi Refleksi Rancangan Pembelajaran - erapandu

Asesmen Topik 1 Ruang Kolaborasi Refleksi Rancangan Pembelajaran

Asesmen Topik 1 Ruang Kolaborasi Refleksi Rancangan Pembelajaran

Prinsip Pengajaran dan Asesmen Topik 1 Ruang Kolaborasi - Telaah rancangan pembelajaran yang disusun oleh guru pamong di sekolah, kemudian jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan hasil telaah Anda terhadap rancangan pembelajaran yang dibuat oleh guru.

Cari di sini :
Materi Pelajaran SMP/MTs dan SMA/SMK  Buka
Kumpulan Soal SMP/MTs dan SMA/SMK  Buka
Download Buku Pelajaran  Buka/Unduh
Download Modul Ajar  Buka/Unduh

1. Tuliskan kompetensi dan tujuan pembelajaran yang termuat dalam rancangan pembelajaran yang Anda telaah!

a. Kompetensi yang termuat dalam pembelajaran ialah sebagai berikut :
  • Peserta didik mampu memahami definisi, karakteristik, dan jenis teks prosedur
  • Peserta didik mampu memahami struktur tesk prosedur
  • Peserta didik mampu melakukan evaluasi terhadap informasi yang disajikan dalam teks prosedur
b. Tujuan pembelajaran dalam pembelajaran teks prosedur yang tertera pada rancangan pembelajaran ialah sebagai berikut :
  • Memahami definisi, karakteristik, dan jenis teks prosedur
  • Memahami struktur teks prosedur
  • Mengevaluasi informasi yang disajikan dalam teks prosedur
2. Asesmen apa yang digunakan pada rancangan pembelajaran yang Anda telaah? Analisislah kesesuaian antara asesmen yang digunakan dengan tujuan pembelajaran!

  • Asesmen diagnostik yang digunakan untuk pemetaan dan merancang strategi pembelajaran.
  • Asesmen for learning, siswa melakukan kegiatan presentasi dari hasil diskusi kelompok.

3. Setelah Anda mengamati langkah-langkah kegiatan pembelajaran, identifikasilah pendekatan, model dan media pembelajaran yang digunakan! Apakah langkah-langkah tersebut sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran dan asesmen yang digunakan? Jelaskan alasannya!

  • Pendekatan yang digunakan pada perencanaan pembelajaran ialah pendekatan inquiry dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Media pembelajaran yang digunakan ialah media cetak yaitu buku teks SMK/MAK Kelas XI dari Penerbit Erlangga.
  • Langkah-langkah yang digunakan dalam pembelajaran sudah sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sintaks yang ada pada Problem Based Learning (PBL) dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Asesmen yang digunakan sudah mencakup tujuan pembelajaran karena pemecahan masalah berkaitan dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.

4. Apakah rancangan pembelajaran yang disusun guru sudah menerapkan prinsip Understanding by Design (UbD)? Jelaskan alasannya!

Rancangan pembelajaran yang disusun sudah menerapkan UbD karena sudah mencakup tujuan pembelajaran, asesmen, dan langkah pembelajaran. Namun, rubrik asesmen pada pada modul ajar belum dilampirkan oleh guru.

5. Tuliskan saran atau perbaikan berdasarkan hasil telaah Anda terhadap rancangan pembelajaran tersebut!

  • Rancangan pembelajaran yang disusun oleh guru sudah baik, sintaks pada model PBL sudah terlihat semua. Namun, pada guru belum melampirkan rubrik penilaian, sehingga belum ada pedoman yang digunakan untuk menilai siswa serta siswa belum mengetahui kriteria penilaian pada pembelajaran.
  • Tujuan pembelajaran disusun dengen struktur kompetensi dan konten, tanpa meletakkan subjek.
  • Pada bagian persiapan belajar, guru menyertakan media belajar menggunakan Power Point untuk menyampaikan materi, namun pada sintaks guru tidak menggunakan Power Point untuk kegiatan mengajar.
  • Untuk bagian tugas terstruktur Yuk, Asah Literasimu 1. Guru meminta semua siswa untuk mengerjakan sebagai tugas rumah, namun pada bagian pengayaan dan remedial guru menggunakan tugas terstruktur Yuk, Asah Literasimu 1 sebagai remedial, sebaiknya guru menggunakan latihan soal atau tugas lain.
  • Pada bagian penutup guru belum melakukan kegiatan berdo’a dan salam penutup kegiatan belajar mengajar.
  • Rancangan pembelajaran yang disusun oleh guru sudah runtut dan sesuai dengan sintaks, namun guru perlu melakukan pembelajaran yang lebih menarik dengan menggunakan media pembelajaran yang bervariasi.




0 Response to "Asesmen Topik 1 Ruang Kolaborasi Refleksi Rancangan Pembelajaran"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel