Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif menurut sugiyono - erapandu

Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif menurut sugiyono

Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif

Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif - Metode kuantitatif dan kualitatif sering dipasangkan dengan nama metode tradisional dan baru.
Cari di sini :
Materi Pelajaran SMP/MTs dan SMA/SMK  Buka
Buku Pelajara SD, SMP/MTs, dan SMA/SMK Buka
Kumpulan Soal SMP dan SMA  Buka

A. Metode Penelitian Kuantitatif

Metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sempel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan.

Filsafat positivisme memandang realita/gejala/fenomena itu dapat di klarivikasikan, relatif tetap, konkrit, teramati, terukur, dan hubungan gejala bersifat sebab akibat. Penelitian pada umumnya dilakukan pada populasi atau sampel tertentu yang representatif.

Proses penelitian bersifat deduktif, di mana untuk menjawab rumusan masalah digunakan konsep atau teori, sehingga dapat dirumuskan hipotesis. 

Hipotesis tersebut kemudian diuji melalui pengumpulan data lapangan. Untuk mengumpulkan data dibutuhkan instrumen penelitian. 

Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif atau inferensial sehingga dapat disimpulkan hipotesis yang yang dirimuskan terbukti atau tidak. 

Penelitian kuantitatif pada umumnya dilakukan pada sempel yang diambil secara random, sehingga kesimpulan hasil penelitian dapat digeneralisasikan pada populasi di mana sampel tersebut diambil.

Metode penelitian kuantitatif yaitu cara yang digunakan dalam melakukan penelitian untuk mendapatkan data yang berbentuk jelas, konkrit, teramati, terukur dan berhubungan sebab akibat, penelitian ini biasanya berbentuk angka atau hitungan.

 

B. Metode Penelitian Kualitatif

Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen).

Dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowbaal, teknik pengumpulan dengan trianggurasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi.

Metode penelitian kualitatif sering disebut metode penelitian naturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah (natural setting). 

Pada awalnya metode ini lebih banyak digunakan untuk penelitian bidang antropologi budaya. Disebut sebagai metode kualitatif karena data yang terkumpul dan analisisnya bersifat kualitatif.

Metode kualitatif digunakan untuk mendapatkan data yang mendalam, suatu data yang mengandung makna. Makna adalah data yang sebenarnya, data yang pasti yang merupakan suatu nilai dibalik data yang tampak.

Oleh karena itu, dalam penelitian kualitatif tidak menekankan pada generalisasi, tetapi lebih menekankan pada makna. Generalisasi dalam penelitian kualitatif dinamakan transferability.

Metode penelitian kuantitatif yaitu metode yang digunakan dalam penelitian untuk menemukan data yang berupa makna bukan sebuah angka, penelitian untuk mencari kualitas dari obyek yang diteliti.

C. Perbedaan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif

Metode kuantitatif dan kualitatif sering dipasangkan dengan nama metode tradisional dan baru.

Metode kuantitatif dan kualitatif sering dipasangkan dengan:
  • Metode positivistic dan metode postpositivistik
  • Metode scientific dan metode artistic
  • Metode konfirmasi dan metode temuan
  • Metode kuantitatif dan interpretif.

1. Kuantitatif

  • Metode kuantitatif dinamakan metode tradisional karena metode ini sudah lama digunakan untuk penelitian.
  • Metode kuantitatif disebut metode positivistik karena berlandaskan pada filsafat positivisme. 
  • Disebut metode ilmiah/scientific karena telah memenuhi kaedah-kaedah ilmiah yaitu konkrit/empiris, obyektif, terukur, rasional, dan sistematis.
  • Metode kuantitatif juga disebut metode discovery, karena metode ini dapat ditemukan dan dikembangkan berbagai iptek baru.

Metode ini disebut metode kuantitatif karena data penilaian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik.

2. Metode kualitatif

  • Metode kualitatif disebut metode baru karena popularitasnya belum lama.
  • Disebut metode postpositivistik karena berlandasan pada filsafat postpositivisme. 
  • Disebut metode artistic karena proses penelitian bersifat seni (kurang terpola). 
  • Metode kualitatif disebut metode interpretive karena data hasil penelitian lebih berkenan dengan interpretasi terhadap data yang ditemukan di lapangan.


Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif menurut sugiyono
Referensi: Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel