Contoh Teks Biografi: Biografi Jokowi - erapandu

Contoh Teks Biografi: Biografi Jokowi

 

Contoh Teks Biografi: Biografi Jokowi

Biografi Joko Widodo

        Ir. H. Joko Widodo DK, atau yang lebih dikenal Jokowi, adalah Presiden Indonesia ketujuh yang mulai menjabat pada tahun 2014 hingga sekarang. Beliau lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada 21 Juni 1961. Jokowi merupakan anak pertama dan putra satu-satunya dari empat bersaudara, lahir dari pasangan Widjiatno Notomihardjo dan Sudjiatmi. Sejak kecil, Jokowi hidup sebagai sosok yang pekerja keras, hal ini ditandai dari semasa kecilnya yang sudah bekerja untuk membantu kedua orang tuanya.

        Keluarga Jokowi pada saat itu terbilang bukan dari kalangan yang berada. Ayah dan ibunya berjuang dengan berdagang kayu dan bambu di pasar untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Latar belakang keluarga yang sederhana, membuat Jokowi merasakan kehidupan yang keras dan pahit semasa kecilnya. Saat masih duduk di bangku sekolah dasar, Jokowi telah menjadi ojek payung, kuli panggul, hingga membantu orang tuanya berdagang di pasar untuk membiayai keperluan sekolahnya dan hidup sehari-hari. Pada usia ke-12 tahun, beliau memutuskan untuk bekerja sebagai penggergaji di sebuah perusahaan kayu.

        Pendidikannya diawali dengan bersekolah di SD Negeri 112 Tirtoyoso yang dikenal dengan sekolah untuk kalangan menengah ke bawah. Setelah lulus dekolah dasar, ia melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 1 Surakarta dan setelah itu ke SMA Negeri 6 Surakarta. Pada tahun 1980, Jokowi beranjak dewasa dan melanjutkan pendidikannya dengan berkuliah di Universitas Gajah Mada (UGM) mengambil jurusan kehutanan. Di sana, beliau belajar dengan gigih mengenai struktur kayu, pemanfaatan serta teknologinya. Beliau mengambil jurusan itu karena beliau ingin mendalami pengetahuan tentang kayu untuk meneruskan usaha ayahnya

        Seiring berjalannya waktu, Jokowi mulai terjun ke dunia politik pada tahun 2005. Jokowi maju untuk mencalonkan diri sebagai calon wali kota Surakarta. Meskipun Jokowi tidak memiliki pengalaman yang cukup dalam bidang politik, namun beliau akhirnya berhasil menjadi wali kota Surakarta (Solo). Pada tahun 2012, Jokowi diminta secara pibadi oleh Jusuf Kalla untuk mencalonkan diri sebagai gubernur DKI Jakarta. Jokowi resmi mencalonkan diri dan akhirnya putaran kedua berhasil membuat Jokowi dan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok memenangkan kursi gubernur DKI Jakarta 2012. Berbagai kebijakan Jokowi yang populer yakni kartu Jakarta pintar, kartu Jakarta sehat, serta kampung deret

        Karier politik Jokowi tidak berhenti di situ, Saat pemilihan presiden (pilpres) 2014, Jokowi maju mencalonkan diri sebagai calon presiden Republik Indonesia bersama Jusuf Kalla sebagai wakil presiden. Pada tahun 2018, Jokowi kembali mencalonkan dirinya dalam pemilihan umum presiden tahun 2019-2024 bersama dengan KH Ma’ruf Amin sebagai calon wakil presiden. Akhirnya Jokowi berhasil menjadi presiden periode dua tahun 2019-2024 bersama Ma’ruf Amin.

        Dari perjalanan hidup Jokowi, kita dapat belajar bahwa janganlah kita menyerah dalam kondisi apapun. Ketika jatuh, harus bangkit kembali dan terus berjuang mewujudkan mimpi. Tidak ada alasan untuk tidak bangkit kembali ketika jatuh. Perjuangan dan kerja keras tidak akan mengkhianati hasil.



0 Response to "Contoh Teks Biografi: Biografi Jokowi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel