Menghilangkan rasa takut dan menjadi lebih berani - erapandu

Menghilangkan rasa takut dan menjadi lebih berani

 Menghilangkan rasa takut dan menjadi lebih berani

Menghilangkan rasa takut dan menjadi lebih berani - Keberanian adalah mengambil tindakan terlepas dari rasa takut yang kita rasakan. 

Keberanian adalah kesediaan untuk menanggapi tanpa rasa takut terlepas dari kecemasan dan kekhawatiran yang mungkin menarik kita.

Salah satu cara terbaik untuk menjadi berani adalah memahami apa yang kita takuti dan kemudian menolak untuk membiarkan rasa takut itu melumpuhkan kita.

Karena jika kita membiarkannya, rasa takut memiliki kekuatan untuk menghentikan kita bergerak maju, mengambil risiko, dan memanfaatkan peluang sebaik mungkin.

Sementara itu, menjadi berani memungkinkan kita untuk mengambil risiko, mengejar impian kita, dan mendapatkan apa yang kita inginkan dari hidup.

Jika kita telah berjuang melawan rasa takut dan ingin merasa lebih berani dalam hidup kita, ada beberapa cara untuk melatih otot keberanian kita dan memanfaatkan setiap situasi dengan sebaik-baiknya.

Berikut adalah gambaran tentang apa yang perlu kita ketahui tentang keberanian serta cara memastikan kita menjalani kehidupan yang penuh dengan keberanian.

Manfaat dari keberanian dan menjadi lebih berani dalam hidup kita akan membantu merespons risiko dengan tepat dan mencapai hal-hal positif dalam hidup. Tetapi dibutuhkan usaha untuk melampaui ketakutan.

Menjadi berani adalah tentang memikirkan segala sesuatunya dengan matang, memeriksa risiko dan imbalannya, dan bertindak terlepas dari rasa takut yang tak terhindarkan.


Keberanian memberi kita kekuatan untuk mengejar hal-hal yang penting bagi kita. Ini juga meningkatkan kepercayaan diri kita dan memungkinkan untuk percaya pada kemampuan. 

Penting bagi kita untuk menyadari bahwa keberanian bukanlah ketiadaan rasa takut.

Merasa takut juga membuat sehat karena menyebabkan kita memperlambat dan mengevaluasi risiko dengan benar. 

Jadi, jangan pernah menyalahkan diri sendiri atau menganggap kita tidak berani jika kita merasa takut. 

Menjadi berani berarti kita mampu bertindak meskipun merasa takut. Selain itu, semakin kita mampu menghadapi ketakutan kita, semakin kita akan mengganti respons berbasis rasa takut kita dengan yang berani.

Manfaat dari keberanian:
  • Memilih untuk keluar dari zona nyaman dan menjadi lebih berani membuat kita menjadi orang yang lebih berwawasan luas dan memperluas pengalaman yang kita miliki dalam hidup.
  • Menjadi berani di tengah ketakutan dapat membangun kepercayaan diri.
  • Merangkul keberanian memungkinkan kita untuk melihat dunia dari perspektif yang berbeda.
  • Menjadikan keberanian sebagai bagian dari hidup kita melengkapi kita dengan kemampuan untuk memberdayakan orang lain untuk melakukan hal yang sama.
  • Menjadi berani membuat kita menjadi orang yang lebih sukses karena kita lebih mungkin untuk mengejar impian kita dan menangkap peluang yang muncul.
berani dan percaya diri

Jika ingin membangun rasa percaya diri, baca: bagaimana kita bisa membangun rasa percaya diri

Cara membuat kita merasa lebih berani

Jika rasa takut tidak dilihat dengan benar, hal itu dapat mencegah kita mencapai tujuan dan mengejar peluang.

Akibatnya, banyak orang membiarkan rasa takut membuat mereka terjebak di zona nyaman mereka daripada melenturkan otot keberanian mereka dan mencoba sesuatu yang baru terlepas dari risikonya.

Berikut adalah beberapa cara untuk membantu kita merangkul keberanian dan menerapkannya dalam hidup.

Identifikasi Kekuatan Diri Sendiri

kuatan keberanian

Mulailah dengan mengidentifikasi apa yang kita kuasai serta di mana kita telah sukses. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengenali dan mengembangkan kekuatannya tidak hanya merasa lebih bahagia dan tidak terlalu tertekan, tetapi juga lebih kuat.

Mengetahui apa yang kita kuasai membantu meningkatkan kepercayaan diri kita, yang membuat lebih mungkin mengambil risiko dan menjadi berani.

Demikian juga, ketika kita yakin dengan kemampuan kita, akan jauh lebih bersedia untuk melakukan segalanya ketika ada kesempatan.

Mulai Berani Meninggalkan Zona Nyaman

berani keluar zona nyaman


Jika kita ingin mengubah aspek kehidupan kita, makan harus memiliki niat untuk mengubah hidup kita.

Membangun keberanian kita mengharuskan mendorong diri sendiri untuk melangkah keluar dari zona nyaman.

Akibatnya, pilih beberapa langkah yang membuat kita tidak nyaman, namun taruhannya tidak terlalu tinggi.

Dengan kata lain, berlatihlah menjadi berani dengan mengatasi ketakutan kecil seperti bertemu orang baru atau makan sendirian di restoran sebelum kita menangani sesuatu seperti memimpin proyek atau memimpin komunitas mainan.

Dengan memulai dari yang kecil, kita bisa membiasakan diri menjadi berani tanpa banyak resiko pada awalnya. Akhirnya, kita akan sampai pada titik di mana kita dapat mengambil risiko yang lebih besar.

Perlu Kegagalan

gagal untuk berani

Kebanyakan orang takut akan kegagalan, yang seringkali membuat mereka terjebak di tempat yang sama.

Rasa takut akan kegagalan dapat membuat orang mengembangkan standar yang kaku dan menjadi perfeksionis dalam upaya untuk tidak mengalami rasa malu yang datang dengan kegagalan. 

Padahal kegagalan adalah pengalaman yang harus disyukuri. Kegagalan bukanlah hal yang buruk, terutama jika kita mengambil risiko atau melangkah keluar dari zona nyaman.

Kegagalan adalah kesempatan untuk tumbuh sebagai pribadi. Ini memungkinkan kita untuk mempelajari sesuatu yang baru, mengubah arah, dan melihat apa yang kita buat.

Dan jika dipandang sebagai pengalaman yang disambut baik alih-alih skenario terburuk, itu membuat kita mencoba hal-hal baru terlepas dari risiko yang terlibat.

Selalu Perspektif Sehat

perspektif berani


Mngkin kita pernah berasumsi bahwa rasa takut adalah hal yang buruk, lihatlah sebagai kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang siapa kita dan mengapa kita mungkin takut atau kurang bersemangat untuk keluar dari zona nyaman.

Menyadari bahwa rasa takut bukanlah hal yang buruk. Bahkan, dalam beberapa hal rasa takut itu sehat. Misalnya, rasa takut memicu sistem saraf kita dan naluri bertahan hidup kita yang dirancang untuk membuat kita tetap aman.

Penelitian menunjukkan bahwa mengungkapkan perasaan kita ke dalam kata-kata membantu mengekang respons negatif kita terhadap rasa takut. 

Menyuarakan ketakutan kita tidak membuat lemah. Sebaliknya, itu membuat kita berani. Karena tidak mudah untuk mengakui di mana kita lemah.

Jadi, jika kita mampu mengakui ketakutan kita, itu berarti selangkah lebih dekat untuk menjadi berani.

Daripada meminimalkan ketakutan kita atau menyangkal bahwa ketakutan itu ada, kenali apa yang menahan kita.

Dengan mengakui rasa takut entah dengan menuliskannya atau dengan membagikannya kepada orang yang mendukung kita akan memberdayakan diri untuk menjadi berani meskipun merasa takut.

Kurangi Stres

tidak berani karena stres

Sering orang mengalami ketakutan atau merasa seperti mereka kurang berani hanya karena mereka kelelahan dan pikiran untuk melakukan sesuatu yang lebih tampaknya terlalu berlebihan.


Oleh karena itu, carilah cara untuk mengurangi stres dalam hidup kita. Selain merawat diri sendiri, cari cara untuk bersantai dan dekompresi.

Setiap orang butuh istirahat kapanpun itu. Jadi, jika kita merasa terlalu kewalahan dengan pemikiran untuk mencoba lebih berani, bisa jadi kita harus terlebih dahulu mengurangi stres dalam hidup kita.

Tidak ada kata terlambat dalam hal keberanian untuk mulai menjalani kehidupan yang berani.

Keberanian hanyalah sifat lain yang dapat dikembangkan dengan upaya dan latihan. 

Lihatlah ketakutan kita sebagai kesempatan untuk membangun rasa keberanian dan tak lama kemudian, kita akan mampu melewati ketidaknyamanan dan menjalani kehidupan yang kita inginkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel