Inspirasi Mulai Membangun Rasa Percaya Diri - erapandu

Inspirasi Mulai Membangun Rasa Percaya Diri

 Inspirasi Berhenti Menghindar, Mulai Membangun Rasa Percaya Diri

Inspirasi Mulai Membangun Rasa Percaya Diri - Kepercayaan diri sebagai perasaan percaya pada kemampuan, kualitas, dan penilaian seseorang. Percayaan diri penting untuk kesehatan dan kesejahteraan psikologis kita.

Memiliki tingkat kepercayaan diri yang sehat dapat membantu kita menjadi sukses dalam kehidupan pribadi dan profesional.

Memiliki kepercayaan diri dapat membawa banyak manfaat. Beberapa efek positif dari rasa percaya diri dalam hidup kita.

  • Performa yang lebih baik: Percaya diri membuat kita akan tampil lebih baik ketika kita merasa percaya diri.
  • Hubungan yang sehat: Percaya diri memengaruhi perasaan kita tentang diri sendiri dan juga membantu lebih memahami dan mencintai orang lain.
  • Keterbukaan untuk mencoba hal-hal baru: Percaya diri akan membuat lebih berani untuk mencoba hal-hal baru, menempatkan diri kita jauh lebih mudah ketika memiliki keyakinan pada diri sendiri dan kemampuan kita.
  • Ketahanan : Percaya pada diri sendiri dapat meningkatkan ketahanan kita, atau kemampuan untuk bangkit kembali dari setiap tantangan atau kesulitan yang kita hadapi dalam hidup.

Apakah kita kurang percaya diri dalam satu area tertentu atau berjuang untuk merasa percaya diri tentang apa pun.

Ada strategi yang dapat membantu dan dapat dilakukan kita untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Berlatih Optimis

Percaya diri dan optimis

Berfikir Optimis dapat membantu kita menumbuhkan rasa sayang pada diri, mengatasi keraguan diri, dan menghadapi tantangan baru.

Jika selalu berfikir pesimis dapat membatasi kemampuan kita dan mengurangi kepercayaan diri kita dengan meyakinkan alam bawah sadar kita bahwa kita semua sulit untuk dilakukan walupun pada bidannya sendiri.

Mulai berpikir bahwa bahwa pikiran yang kita khawatirkan tidak selalu akurat.

Berhenti Membandingkan dengan Orang Lain

Percaya diri tanpa membandingkan

Sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam Personality and Individual Differences menemukan hubungan langsung antara rasa iri dan perasaan kita tentang diri sendiri.

Membandingkan penampilan atau membandingkan gaji dengan teman sendiri atau orang lain yang akan membuat pikiran kita mulai tidak sehat.

Orang yang membandingkan diri mereka dengan orang lain mengalami rasa iri. Dan semakin banyak kecemburuan yang mereka alami, semakin buruk perasaan mereka tentang diri mereka sendiri.
Setiap orang menjalankan perlombaan mereka sendiri dan hidup bukanlah sebuah kompetisi.

Buatlah jurnal rasa syukur setiap hari untuk membantu kita fokus pada kehidupan kita sendiri bukan kehidupan orang lain.

Hadapi Rasa Takut

Hadapi rasa takut

Menghadapi ketakutan kita dan mencoba hal-hal yang mungkin itu sulit, akan memberikan rasa kepercayaan diri.

Berhenti menunda sesuatu sampai kita merasa itu yang hanya kita bisa lakukan. Cara terbaik untuk membangun kepercayaan diri kita adalah dengan menghadapi ketakutan kita secara langsung melampaui apa yang kita pikirkan.

Berlatihlah menghadapi beberapa ketakutan kita yang berasal dari kurangnya rasa percaya diri. Jika kita takut akan mempermalukan diri sendiri atau berpikir bahwa kita akan membuat kesalahan, anggap itu hanya sebuah eksperimen.

Belajar menjadi sedikit cemas atau membuat beberapa kesalahan tidak seburuk yang kita pikirkan. 

Setiap kali kita bergerak maju, kita dapat memperoleh lebih banyak kepercayaan diri, yang pada akhirnya akan membantu mencegah kita mengambil risiko apa pun.


Merawat dan Memanjakan Diri

Merawat dan memanjakan diri

Perawatan diri sama halnya melakukan sesuatu yang positif untuk pikiran, tubuh, dan jiwa kita, dan secara alami akan merasa lebih percaya diri.

Beberapa praktik perawatan diri yang bisa meningkatkan rasa kepercayaan diri yang tinggi:

  • Diet : Ketika kita mengisi bahan bakar tubuh kita dengan makanan yang tepat, kita merasa lebih sehat, lebih kuat, dan lebih berenergi, yang dapat menghasilkan perasaan lebih baik tentang diri kita sendiri.
  • Latihan: Aktivitas fisik meningkatkan kepercayaan diri.
  • Meditasi: Meditasi dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri dalam mengenali dan menerima diri sendiri, mengajarkan kita untuk menghentikan self-talk negatif dan memutuskan dari obrolan mental yang mengganggu kepercayaan diri kita.
  • Tidur: Kurang tidur dapat menurunkan emosi kita, sedangkan kualitas tidur yang baik telah dikaitkan dengan sifat kepribadian yang positif, termasuk optimisme dan harga diri.

Bersikap baik pada diri sendiri

bersikap baik


Selalu memperlakukan diri sendiri dengan kebaikan ketika kita membuat kesalahan, gagal, atau mengalami kemunduran.

Cara ini berhubungan dengan diri sendiri yang memungkinkan kita menjadi lebih fleksibel secara emosional dan lebih mampu menavigasi emosi yang menantang, dan meningkatkan hubungan kita dengan diri sendiri dan orang lain.

Jika kita berada dalam situasi yang menantang, sadarilah bahwa menjadi tidak sempurna atau kadang-kadang gagal adalah bagian dari kehidupan. Lakukan yang terbaik untuk memiliki pengalaman ini dengan kebaikan.

Lebih Banyak Berkumpul dengan Orang-orang Berfikir Posistif

Teman setia dan positif


Kelilingi diri kita dengan orang-orang yang mencintai kita dan menginginkan yang terbaik.

Orang-orang yang menghabiskan waktu dengan kita akan mempengaruhi pikiran dan sikap tentang diri kita lebih dari yang kita pikirkan.

Jika kita merasa buruk tentang diri sendiri setelah bergaul dengan orang tertentu, mungkin ini saatnya untuk mulai menjauhinya atau tidak sama sekali bergaul dengannya.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membangun rasa percaya diri yang lebih optimal.

Setiap orang akan berjuang dengan masalah kepercayaan dirinya masing-masing. Menunda dan menghindar bukan solusi, hadapi dan mencoba lakukan apa yang mungkin kita takuti dengan rasa percaya diri adalah jalan keluar dari rasa ketakutan selama ini.


referensi: Amy Morin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel